Rabu, 17 Mei 2017

1000 Lampion Waisak 2017

Selasa 09 Mei 2017 Trip saya kali ini menuju Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah bertepatan dengan Hari raya Waisak tgl 11 Mei 2017 serta pelepasan 1000 Lampion di pelataran Candi Borobudur.
Jam 22:20 WIB Berangkat dari Stasiun Pasar Senen menggunakan kereta api ekonomi Progo dengan harga tiket Rp 125.000/orang.
Rabu 10 Mei 2017Jam 06:10 WIB tiba di Stasiun Kutoarjo.
Kenapa Saya turun di stasiun Kutoarjo tidak di Jogjakarta ? Karena menurut perhitungan saya waktu dan jarak tempuh menuju Candi Borobudur lebih singkat dan dekat daripada harus turun di stasiun Jogjakarta.
Setelah istirahat sejenak jam 07:00 WIB lanjut menggunakan Shuttle Bus ke arah Magelang dengan harga tiket Rp 40.000/orang. Untuk shuttle bus saya menggunakan Shuttle bus Sumber Alam yang kebetulan jarak antara stasiun Kutoarjo ke Agen Shuttle Bus Sumber Alam tidak lah jauh.
Sekitar 1 jam lebih perjalanan sampai diterminal Salaman lalu lanjut dengan menggunakan micro bus untuk menuju ke Candi Borobudur harga tiket micro bus Rp 7.500/orang.
Jam 09:00 WIB Sampai terminal Borobudur. Jarak dari Terminal Borobudur ke Candi Borobudur dapat di tempuh dengan  berjalan kaki kurang lebih 15 menit atau dapat menggunakan jasa becak atau ojek motor dengan tarif kurang lebih Rp 20.000. Untuk penginapan sangatlah banyak di sekitaran Area Candi Borobudur dan untuk tarif penginapan bervariatif tergantung budget yang kita punya. Untuk penginapan saya memilih yang  bertarif Rp 150.000/malam.
Setelah menaruh bawaan di penginapan, jam 10:00 WIB Lanjut ke Gereja Ayam Bukit Rhema tiket masuk Rp 15.000/orang. Dari Candi Borobudur ke Gereja Ayam perjalanan kurang lebih 20 menit. Untuk jasa tranportasi bisa menggunakan becak motor atau ojek motor dengan tarif bervariasi tergantung kesepakatan. Kesepakatan awal saya Rp 40.000 dengan becak motor dan di tunggu. Dan ternyata Wisata Gereja Ayam itu dekat dengan wisata Phuntuk Setumbu. Wisata ini menyajikan spot-spot untuk foto selfie yang tidak kalah keren dengan tempat wisata-wisata lainnya, harga tiket nya Rp 15.000/orang.
Jam 13:00 WIB saya kembali ke penginapan untuk beristirahat.
Jam 19:00 WIB saya masuk ke candi Borobudur melalui pintu tengah atau pintu khusus perayaan Waisak. Untuk masuk nya pun gratis ini merupakan kebijakan dari panitia perayaan waisak.
Didalam area Candi Borobudur sudah banyak pengunjung yang datang terutama dari kalangan WALUBI untuk mengikuti prosesi keagamaan hari raya Waisak 2561be. Selain dari kalangan WALUBI dan masyarakat umum ada juga wartawan dari dalam dan luar negri yang meliput acara ini.
Dan inilah yang ditunggu-tunggu tujuan utama saya datang ke candi Borobudur yaitu menyaksikan pelepasan 1000 lampion memperingati hari raya Waisak 2017. Jam 21:00 WIB mulai di terbangkan lampion-lampion secara bertahap.
Proses pelepasan lampion-lampion ini berlangsung hingga jam 00:00 WIB. Puas setelah menyaksikan saya kembali ke penginapan.
Bangun tidur jam 05:30 WIB Kamis 11 Mei 2017 saya bersiap-siap menuju ke Jogjakarta setelah selesai packing dan sarapan jam 08:00 WIB menuju Terminal Borobudur. Dari terminal bus Borobudur naik bus menuju Terminal Bus Jombor Jogjakarta dengan harga tiket Rp 20.000/orang perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Setelah sampai diterminal bus Jombor kita dapat menggunakan Trans Jogja atau bus lain untuk mengantarkan tujuan kita selanjutnya nya di kota Jogja. Kebetulan saya menggunakan Trans Jogja menuju Candi Prambanan. Harga tiket Trans Jogja Rp 3.500/orang. Harus transit terlebih dahulu menggunakan Trans Jogja di Terminal Bus Condong Catur untuk ke Candi Prambanan
Jam 10:00 WIB sampai di Candi Prambanan dengan harga Tiket masuk Rp 40.000/orang.
Jam 13:00 WIB saya lanjutkan perjalanan dengan Trans Jogja dari Candi Prambanan menuju Stasiun Tugu.
Jam 14:00 WIB saya cari Penginapan di Jln Sasrowijayan tidak jauh letak nya dibelakang jln Malioboro dengan tarif Rp 175.000/malam.
Jam 19:00 WIB menikmati malam di sekitaran landmark nya kota Jogja yaitu TUGU Jogjakarta dan juga menikmati makan lesehan di Malioboro.
Jam 23:00 WIB kembali ke penginapan.
Keesokan harinya Jumat 12 Mei 2017 jam 08:00 WIB dari Malioboro ke Pusat oleh-oleh Bakpia Pathuk  juga Keraton mengunakan jasa becak dengan tarif Rp 25.000.
Lanjut jam 10:00 WIB dari Keraton menuju Taman Sari untuk tarif Becaknya Rp 15.000.
Jam 11:00 WIB dari Taman Sari - kembali ke Malioboro tarif Becak Rp 20.000.
Setelah check out saya menuju stasiun Jogjakarta untuk menuju stasiun Kutoarjo.
Setelah memesan tiket jam 13.30 WIB dengan Kereta Pramex menuju Kutoarjo harga tiket nya Rp 8.000/orang.
Jam 14:30 WIB Tiba di Stasiun Kutoarjo lalu check in tiket menuju ke Jakarta.
Jam 16:41 WIB datang Kereta Api Bengawan tujuan Jakarta Pasar Senen dengan harga tiket nya Rp 74.000/orang

Sabtu 13 Mei 2017 Jam 01:30 WIB sampai di stasiun Pasar Senen.

Sampai bertemu kembali ditrip-trip selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar