Rabu, 15 Februari 2012

CURUG LUHUR Bogor Jawa Barat


Curug Luhur
Yang berada di Desa Gunung Malang – Kecamatan Ciomas – Bogor, adalah air terjun terakhir di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun – Salak. Letak Curug Luhur adalah 5 kilometer dari pertigaan yang menuju Curug Nangka ke arah Gunung Bunder.

Meskipun jalan menuju ke Curug Luhur agak sempit, namun lintasan yang berkelok naik turun dan pemandangan sepanjang jalan terasa menyenangkan, dihiasi bukit-bukit membiru, hamparan padi dan air sungai.

Biaya masuk adalah Rp.15.000 per orang motor Rp 5000, dan Rp.15.000 untuk mobil. Jika anda berjalan kaki atau mengendarai motor, karcis masuknya tampaknya lebih murah.
 
Di lingkungan Curug Luhur terdapat beberapa buah kolam renang, termasuk untuk anak-anak, dimana pengunjung bisa menikmati air pegunungan yang dingin segar jernih.

Berbeda dengan curug lainnya yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Curug Luhur ini dikelola oleh swasta. Di sana bisa dijumpai beberapa fasilitas yang tidak bisa ditemui di tempat lain, seperti restoran, warung, serta musholla, selain kolam renang. Tempat parkir juga cukup luas.
 
Meskipun hujan deras masih sering mengguyur kawasan ini, namun air Curug Luhur masih tampat bersih dan jernih.
 
Curug Luhur ini tingginya sekitar 50 meter. Kolam di bawah air terjun tadinya memiliki kedalaman 15 meter, sebelum ditimbun dengan berton-ton material untuk lebih memberikan keamanan kepada para pengunjung. Saat ini kedalaman kolam hanya tinggal 7 meter
 
Sekitar lima meter di sebelah kanan kiri curug, terdapat warung dimana pengunjung bisa duduk  Menikmat kopi dan makanan sambil menikmati pemandangan.
 
Meski Curug Luhur telah hampir kehilangan keindahan alaminya karena berdirinya bangunan yang tidak begitu rapi di sekeliling curug, namun ia memberi pilihan kepada mereka yang tidak ingin berjalan jauh untuk mencapai lokasi sebuah curug.Curug Luhur memberi kesan yang lebih membekas di hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar